Jenis - Jenis Aplikasi Komputer

JENIS - JENIS

 PROGRAM APLIKASI KOMPUTER



 
Program Aplikasi Komputer – Dalam teknologi informasi, program aplikasi komputer adalah program komputer yang dirancang untuk membantu orang untuk melakukan suatu kegiatan. Program aplikasi komputer juga dapat didefinisikan sebagai suatu perangkat lunak komputer yang menyebabkan komputer dapat melakukan suatu tugas-tugas tertentu.

Program Aplikasi Komputer

        Program aplikasi komputer berbeda dengan sistem operasi. Sistem operasi adalah software yang menjalankan komputer. Sebuah program aplikasi komputer dapat memanipulasi teks, angka, grafik, atau kombinasi dari unsur-unsur tersebut. Beberapa paket program aplikasi biasanya khusus untuk berfokus pada satu tugas tertentu, misalnya pengolah kata, dll.

JENIS-JENIS APLIKASI KOMPUTER :

Anti Virus 

aplikasi latop dan komputer anti virus

Fungsi utama dari aplikasi antivirus adalah melindungi sistem komputer dari serangan virus yang berbahaya. dalam memilih anti virus ini tidak bisa dipukul sama rata cause setiap anti vitus mempunyai kemampuan berbeda beda kadang bisa menyesuaikan spec komputer kadang juga menyesuikan dengan kebiasaan penggunaan itu sendiri. apalagi setiap pengguna mempunyai pengalaman yang berbeda beda maka sudah semestinya mereka akan berbeda dalam menyimpulkan hasilnya. di sini ada beberapa aplikasi antivirus rekomendasi terbaik.
  1. AVG ; atau singkatan dari anti virus guard Antivirus ini mempunyai versi gratis yang bisa sobat download melalui situs resminya. antivirus yang paling banyak di pakai di belahan bumi ini tentu mempunyai kelebihan, dan bukan tanpa alasan jika anti virus ini juga dipakai gmail google untuk melindungi setiap lalu lalang file yang masuk ke inbox kita. 
  2. Avira : Anti virus buatan Jerman ini bernama avira masih begitu melekat dalam benak para pengguna komputer. avira ini salah satu antivirus terbaik sangat sensitif terhadap virus apapun sehingga avira akan membuat PC sobat selalu terlindungi dari ancaman virus yang berbahaya
  3. Avast : Virus ini lebih ringan jadi cocok bagi yang mempunyai spec komputer yang standart
  4. Eset: Antivirus yang ramah ini sangat mahir dalam menseleksi antivirus dan begitu sensitif terhdapa ancaman yang datang dari akses interent sehingga akan sangat menguntungkan bagi siapa saja yang ingin tetap aman meski full time terkoneski internet.
  5. Kaspersky : Anti virus ini punya karakter yang kuat dalam membasmi virus mempunyai design yang sangat sylish kuat dan begitu mudah digunakan bahkan oleh pemula sekalipun. 
  6. Dan lain lain seperti McAfee Antivirus, Dr.web antivirus, Bit Defender, Norton antivirus dan lain sebagainya


 
Video-Film Creator / Editor 
 software laptop dan komputer video editor

Membuat video itu begitu menghibur apalagi kita bisa mengeditnya menjadi lebih ekspresif bisa di bayangkan betapa ada rasa kepuasan tersendiri. jika sobat suka mengedit video dan suka membuat film-film ada baiknya sobat mencoba software berikut ini Video dan film akan lebih mengagumkan jika di oleh dengan software khusus. beberapa aplikasi yang digunakan untuk membuat sebuah film menjadi mengagumkan salah satunya adalah berikut ini.

Baca : 11 Software / Aplikasi Edit Video PC 100% Gratis Terpopuler
  1. Sony vegas Video :  Sebuah program yang begitu berharga bagi editor vdeo karena aplikasi ini mampu menyulap video menjadi video lebih menarik. 
  2. Adobe Premier : Nama adobe sudah begitu kental dengan kualitas dan kehandalannya dalam mengolah berbagai video atau gambar menjadi hasil karya yang menakjubkan. 
  3. Corel Video studio : nama corel ini memang sudah mendunia, sobat  bisa mencoba produk khusus untuk mengedit video ini sebagai salah satu pilihan terbaik.
  4. Lightworks : program ini banyak dipakai oleh profesional video editor program ini juga banyak digunakan untuk membuat manipulasi berbagai efect video salah satunya adalah manipulasi greenscreen. hebatnya lagi program ini bisa sobat dapatkan denga gratis
  5. VideoPad Video Editor : untuk program ini sobat bisa melihat sedikit fitur apa yang bisa sobat lakukan dengan program ini seperti memotong, menyelipkan, dan menggabungkan video dengan mudah.
  6. AVS video editor : program ini mirip dengan windows movie maker.
  7. Dan masih banyak lagi seperti blender, Final cut pro,  Cinerella, Pinnacle studio, imovie, Pitivi, Cyberlink power editor, Windows movie maker, ivs edit dan lain sebagainya

Photo-Picture Creator/Editor
aplikasi PC terbaru Photo-Picture Creator Editor

Kalau yang ini tentu harus di prioritaskan bagi seorang editor foto /gambar, tanpa program ini si editor tidak berdaya dan tidak bisa melakukan apa apa. software ini sangat berguna untuk keperluan membuat gambar menjadi lebih unik dan berbeda, gambar menjadi lebih bernilai dan bahkan mempunyai nilai jual yang tinggi. foto editor ini selain bisa untuk mengedit foto/gambar juga bisa menciptakan gambar/foto yang menakjubkan, beberapa rekomendasi editor gambar ini antara lain,

  1. Adobe photoshop, : sebuah alat yang akan membuat foto menjadi unik, attractive  dan photoshop adalah salah satu foto editor terbaik di dunia. Selain itu ada yang menarik dari software ini yaitu  sobat akan mendownload berbagai macam bentuk dan model plugin photoshop sehingga pekerjaan mengedit menjadi lebih menyenangkan lebih cepat dan lebih realistik.
  2. Coreldraw  : Editor foto dengan basic vector ini sangat cocok bagi sobat yang ingin membentuk gambar, logo, membuat icon, dan lain sebagainya. 
  3. Google skectup : mendesign rumah, mendesign kamar, atau mendesign bentuk kantor, jembatan, gedung, bahkan mendesign otomotif bisa denga software ini, dan asyiknya lagi software ini di bisa dengan mudah dipelajari oleh seorang pemula sekalipun. 
  4. Autocad : Namanya sudah mendunia dengan fungsi mirip dengan google skectup aplikasi ini mampu membuat gambar 3D lebih real, dan lebih hidup. 
  5. Photoscape : program ini bisa untuk membuat gambar GIF / gambar bergerak dan juga sangat mudah untuk mencetak ke printer karena ada fitur khusus berupa bagian dan ukuran sesuai ukuran cetak foto misal 2x3, 3x4, 2R, 4R, 5R
  6. Dan lain seperti adobe illustrator, GIMP, paint, phoxo, Funny photo maker dan lain sebagainya. 


Foto-Video -Audio Converter
download aplikasi komputer video audio converter

Converter atau juga disebut dengan transcoder yang berarti merubah dari satu bentuk ke bentuk lain. karena berkembangnya teknologi maka format video juga mengalami perkembangan menjadi lebih banyak bentuk. Dan setiap format video ini mempunyai fungsi berbeda karena alat yang digunakan juga berbeda contoh yang sering kita lihat adalah format video yang digunakan di Hanphone adalah 3gp. sedangkan format yang digunakan di CD/DVD adalah MPEG/Mp4, lalu format yang di gunakan di komputer PC adalah WMV, dan lain sebagainya. oleh sebab itu diperlukan sebuah alat dimana alat tersebut bisa mengubah dari satu ekstensi ke ekstensi yang lain. ada beberapa program video converter terbaik rekomendasi yang bisa sibat pakai untuk menjalankan semua pekerjaan tersebut salah satunya adalah.
  1. Format factory : jelas yang ini sudah pada pakai kan..? program converter ini sangat populer untuk mengubah format apa saja, cepat dan powerful
  2. Freemake free video converter : tentu saja sebagai salah satu converter yang terbaik aplikasi ini sangat mudah di gunakan, selain bisa untuk keperluan mengconvert program ini juga bisa sobat gunakan untuk mengedit video dan membuat video dari foto. 
  3. Total video converter : sebagai program yang totalitas sudah semestinya software ini menjadi pilihan bagi siapa saja yang ingin merubah format video, aplikasi ini sangat cepat dan bisa sobat andalkan untuk merubah format apapun menjadi format yang di inginkan.
  4. Handbrake : semua yang sobat butuhkan dalam mengconvert vidio bisa sobat temukan di software ini. 
  5. any video converter, media coder, movavi,  Leawo video converter dan lain sebagainya. 



Audio Creator /Editor
aplikasi komputer terbaru audio editor

musik yang sudah akrab di telinga kita banyak yang sudah di edit melalui aplikasi khsusus. salah satu jenis musik yang paling banyak menggunakan audio editor ini adalah musik DJ, Hiphop, R&B, dan musik lainnya. Sama hal nya dengan video editor namun program ini lebih specialis digunakan untuk mengedit dan membuat seni audio, jadi kalau sobat memakai program ini audio bisa menjadi lebih unik bahkan bukan tak mungkin akan menjadi musik yang powerful.
  1. Accoustica basic Edition : Dengan aplikasi ini sobat bisa melakukan editing audio apa saja termasuk format mp3, wav, dan lain sebagainya dengan fitur pendukung seperti maximum audio channel dan sample rate, Software emulation of phono preamplifier, Ultra fast non-destructive editing engine,  dan lain sebagainya. 
  2. Avid pro Tool 11 nama avid ini tak kalah powerful dengan software software editor lainnya, dengan mengedepankan kualitas software ini menjadi favorite banyak para editor musik,  
  3. Logic Pro  ini dia salah satu produk andalan apple dalam mengolah audio dengan dukungan fitur yang begitu mengesankan, lihat saja fitur apa saja yang akan sobat dapatkan jika sobat mempunyai aplikasi keren ini. beberapa fitur andalan nya adalah 1220 definable key and MIDI commands, 90 recallable screen configurations, Up to 16 independent voices per part, lebih dari 4000 predefined chord grids, dan ratusan tool lain yang akan memperkaya musik sobat menjadi penuh imajenativ tingkat tinggi.
  4. FL Studio Pro : Nah kalau yang ini editor musik yang menurut saya sangat keren, sobat bisa menciptakan musik dengan beragam suara mulai dari suara bass, piano, gitar, drumm dan lain sebagainya bisa di bayangkan jika sobat menggabungkan semua itu menjadi sebuah nada yang kreatif tentu akan membuat sobat keasyikan mengutak utik software ini.
  5. Ableton live standart 9 : Ada lagi nih software audio yang akan membuat sobat terpana namanya adalah ableton live standard sebuah komposisi unik yang di rangkum dalam satu nama software sehingga menciptakan sebuah karya seni yang yahud, ada 5 Synths and 3 Samplers, kemudian ada 390 Drum kits, 4000 Loops dan lain sebagainya 
  6. Adobe AuditionSound ForgeUltramixer, Audacity, Audio Tool, Reaper Dan lain lain


Browser 
aplikasi laptop dan pc terbaru browser

Yang ini bagi seorang blogger adalah aplikasi wajib yang harus ada di laptop nya tanpa ini mereka akan kesulitan mengakses internet, dengan alat yang biasa di sebut brwoser ini pengguna bisa mengarungi samudra internet dengan bebas  cukup dengan hanya mengetik informasi melalui address bar kemudian apa yang dicari akan sobat temukan disana, browser ini sangat erat kaitannya dengan mesin pencari seperti google dan bing dan lainnya gunanya adalah untuk mempermudah mencari inforamsi lewat internet.
  1. Chrome : Chrome dikenal dengan browser yang "galak" dan sangat sempurna jika browser ini ada di laptop dengan spec yang mendukung. 
  2. Mozilla : selain cepat ketika di buat browsing mozilla dikenal banyak sekali add on extention nya sehingga sangat cocok bagi mereka yang bekerja menjadi seorang internet marketer. 
  3. Opera : Dikenal ringan dan sangat userfriendly. opera juga sangat handal dalam menyimpan history halaman situs situs tertentu sobat pasti sering mengalami ketika sehabis menutup browser sobat bisa melihat halaman  sama persis ketika sobat menutupnya.
  4. Safari : browser buatan apple ini tentu sangat sayang di lewatkan dengan memakan memory yang lebih ringan dan handal
  5. Internet Explorer
  6. Comodo dragon : Sekilas browser ini mirip dengan chrome dari segi tampilan namun pantas dicoba jika ingin menemukan fitur yang tidak ada di chrome.
  7. Lainnya adalah browser maxthon, K-meleon dan lain sebagainya.


Office 
download aplikasi pc gratis office

Tentunya sobat sudah akrab dengan kata "ngetik" di komputer. istilah tersebut bisanya pengguna menggunakan aplikasi office sebagai alat untuk membuat document seperti surat lamaran kerja, undangan, laporan keuangan, tabel, ebook, data kantor, dan lain sebagainya. Program ini memang bukan sesuatu yang asing bagi orang kantor karena memang fungsi dari program ini adalah untuk membuat dan mengedit document file seperti doc, pdf, dan lain sebagainya. ada beberapa office yang populer sampai sekarang beberapa di antaranya adalah

Baca Juga : Cara Membuat Presentasi Menarik Menggunakan Power Point
  1. Microsoft office : office ini meliputi word, powerpoint, Excel, Acces, outlook, dan lain lain semua software tersebut mempunyai fungsi berbeda dalam membuat sebuah document, 
  2. Adobe reader : software khusus untuk membuat dan membuka file PDF.
  3. Foxid Reader  : software yang sama dengan adobe reader yaitu untuk mengedit dan membuka PDF
  4. dan lain lain.




Utilities
aplikasi pc utilities

Fungsi utama dari program ini adalah untuk mengoptimalkan kinerja komputer itu sendiri, biasanya selain berfungsi untuk membersihkan registry, history berbagai aplikasi utilities ini juga terdapat fitur-fitur tambahan seperti tool uninstall,  contoh utilities ini adalah CCleaner, revo uninstaller, dan lain sebagainya.
  1. CCleaner : sebuah utilities yang hampir setiap pengguna komputer memakainya alasanyya adalah karena software ini begitu simple mampu membersihkan semua history yang tercatat di windows termasuk history browser seperti mozilla dan chrome, juga lainnya. fitur lain yang juga tak kalah penting adalah uninstaller sehingga sobat bisa menguninstall program windows cukup lewat dengan program ini 
  2. Tune up utilites : ini adalah sebuah paket lengkap dimana program ini tak hanya bisa untuk mengoptimalkan kinerja windows melainkan juga berguna sebagai uninstaller, 
  3. Revo uninstaller : ini adalah software khusus uninstall 
  4. Dan lain lain

Driver
aplikasi komputer gratis terbaru driver

Driver adalah program sangat penting karena driver ini berfungsi untuk mendeteksi keberadaan perangkat keras yang ada di dalam laptop itu sendiri, misalkan saja di dalam laptop terdapat perangkat kreas bluetooth maka jika tidak di install degan driver bluetooth maka bluetooth tadi tidak bisa digunakan. ada beberapa pilihan driver yang bisa sobat gunakan dan ini sangat membantu manakala sobat kehilangan CD driver misal laptop acer atau laptop asus sobat masih bisa menggunakan aplikasi driver ini sebagai solusi. driver ini mampu di gunakan hampir semua tipe laptop komputer / pc notebook.

  1. Driver Pack Solution : satu program ini bisa sobat gunakan hampir semua jenis komputer (universal driver) dan program ini secara otomatis mengetahui driver apa saja yang masih belum terinstall di dalam komputer yang sedang sobat pakai. dengan hanya satu klik saya maka semua driver di laptop akan otomatis terinstall driver ini meliputi video card, sound card, VGA, wireless, dan lain sebagainya. dan kerennya lagi software yang kerukuran lebih dari 4Gb ini bisa di download gratis dari situs resminya. 
  2. Skydriver : fungsi ini mirip dengan driverpack hanya saja biasanya driver ini bekerja pada windows7 dan windows XP. 
  3. dan lain yang masih banyak lagi.



Audio Video Player 
aplikasi komputer terkeren audio video player

Untuk program yang satu ini sobat bisa melihat artikel tentang aplikasi apa saja yang paling terpopuler terbaik untuk memutar audio maupun video : 

  1. Winamp :

    iya.. winamp adalah salah satu aplikasi pemutar musik paling populer yang tidak hanya terkenal di PC namun aplikasi winamp ini mudah sobat jumpai di berbagai platform seperti android, sybian OS Hanphone dan perangkat lain. Program yang seolah menjadi suatu keharusan di install di komputer ini sangat familiar juga bisa di pasang plugin minilyric untuk menampilkan lirik lagu dan juga tema/skin untuk winamp yang sangat banyak sekali didapatkan dengan gratis di internet. sebagai media player, winamp tak hanya handal memutar suara seperti MP3, Wav, AMR namun juga sebagai pemutar video jika sobat ingin mendapatkan software winamp terbaru caranya sangatlah mudah cukup download lewat link ini

  2. Itune :
    Jika sobat mau menelusurinya soba akan menemukan banyak sekali fitur-fitur yang bisa sobat manfaatkan khsususnya dalam hal tampilannya yang "mewah" itune ini meskipun populer dari platform apple namun itune sudah hampir bisa di install di semua platform seperti windows, android, Mac, dan lainnya. nnamun sayangnya jika ingin mengakses film dan video harus mendapatkan akun berbayar terlebih dahulu. jika sobat ingin megupdate versi terbaru itune silahkan langsung saja menuju ke situs resminya disini

  3. MusicBee :
    dari namanya sudah terdengar tidak asing sebagai alat untuk memutar audio musik. yang saya suka dari musicbee ini adalah software ini akan menjadi perfect jika terkoneksi dengan internet karena setiap nama penyanyi atau grup band akan muncul di bagian sidebar foto dan histoy mereka. jadi selain bisa menikmati musik sobat juga bisa di ajak menikmati kisah mereka bahkan lirik lagu mereka. cerita yang tampil tersebut di ambil dari situs populer seperti last.fm, wikipedia, dan juga youtube. mmm... sepertinya sayang jika dilewatkan ya..  untuk mendownload musicbee yang terupdate silahkan langsung terjun ke link ini.

  4. MediaMonkey :
    Satu lagi yang ada baiknya sobat ketahui software pemutar musik yang cukup populer dengan nama yang unik,  Media monkey dengan tampilan yang saya rasa paling mudah di gunakan dengan tampilan yang mirip dengan explorer pada windows sehingga bagi pemula yang baru pertama kali bisa dengan mudah menguasai program ini. untuk yang ingin memiliki program nya bisa klik disini 

  5. FreeMusicBOX :
    Dari Namanya memang sudah menggambarkan bahwa program media player ini bisa di download dengan 100% gratis, mudah, cepat sesuai dengan jargon yang melekat pada software ini. dan ternyata program ini adalah salah satu dari produk freemake yang populer untuk mengconvert video, namun.. siapa tahu setelah sobat mencoba media player ini sobat jadi kesengsem... kira-kira tampilan yang akan sobat lihat akan seperti screenshot di atas .. keren khan..hehe. program player ini akan lebih keren lagi jika sobat terkoneksi dengan internet karena dengan otomatis sobat bisa menggunakan search musik yang bisa untuk mencari musik dan langsung mem"play" lagu tersebut dengan online. caraya cukup mudah silahkan klik tanda + pada  hasil pencarian, untuk menikmati fitur ini speed internet sobat ya nggak boleh lelet..  linkny ada disini jika mau menginstall software ini.  
6. Foobar2000 :

kesan pertama kali melihat tampilan foobar2000 mungkin  akan berkata "simpel" dan "mudah" di gunakan jika ingin memutar mp3 tinggal drag dan drop saja seperti mp3 player lainnya. dengan ukuran yang hanya 3 Mb ini tentu foobar banyak di sukai karena tidak terlalu makan banyak RAM saat program ini berjalan. silahkan coba foobar paling update disini
    7. Aimp :
    Nama Aimp memang tidak asing, media player yang populer dengan tampilan gelap nya ini hampir mirip dengan winamp, dari cara memutarnya dengan drag dan drop, cara membuka file musik yang diletakkan di bagian menua bawah, dan bisa dengan mudah merename lagu lewat file info. dan ketika lagu berganti akan muncul notifikasi di bagian atas toolbar windows. jika ingin mendapatkan software ini tinggal klik link ini untuk menuju ke halaman download.

    8. Jet Audio :
    Jet audio yang  punya tampilan mirip DVD player ini sudah bukan pendatang baru. jet audio ini merupakan software favorit banyak orang karena selain bisa untuk memutar lagu juga powerful untuk mengkonvert file audio, jet audio juga bisa untuk merecord suara, mudah mengatur sound efect, dan fitur lain yang bisa sobat jadikan sebagai koleksi media player berikut adalah link download jet audionya jika ingin memasukkan program ini ke dalam komputer milik sobat

    Demikianlah pejelasan tetang macam-macam aplikasi komputer ini , semoga artikel ini dapat menambah wawasan kita semua .


    sumber :
    http://www.gaptek.info/program-aplikasi-komputer.html
     http://blogfacebookemail.blogspot.co.id/2015/03/download-aplikasi-software-pemutar-musik-terbaik.html
    http://blogfacebookemail.blogspot.co.id/2015/08/aplikasi-laptop-pc-terbaru-windows-keren.html 

    Komentar

    Postingan Populer