Anatomi Ikan dan Fungsinya

ANATOMI IKAN SERTA FUNGSINYA

Mata Kuliah Zoologi


Disusun oleh :

Rosna Sari
 1605104010039

Dosen Pembimbing :
Dr. Siti Wajizah, M.Si











FAKULTAS PERTANIAN
PROGRAM STUDI PETERNAKAN
UNIVERSITAS SYIAH KUALA
DARUSSALAM – BANDA ACEH
2016






ANATOMI IKAN DANFUNGSINYA





1 1.      Olfactory Blulb : Bul Penciuman
Bul penciuman berfungsi untuk mengenal bau mangsa, predator dan sejenisnya yang bau-bau tersebut larut dalam air dan dapat merangsang reseptor pada organ olfaktoris ikan sehingga pada ikan dapat menimbulkan reaksi .
Bul penciuman terletak di depan otak ikan dan secara umum bul penciuman serupa dengan organ nasal pada manusia, namun lubang hidung pada ikan jarang terbuka ke rongga mulut. Lubang hidung pada ikan dibentuk oleh epitheium pernciuman atau mukosa berupa lipatan/ lamella.

2 2.      Efferent Branchial Artery : Pembuluh Darah Arteri
Pembuluh darah arteri berfungsi untuk membawa oksigen dari insang menuju ke jantung dan pembuluh darah vena membawa O2 mesuk ke jantung dan pembuluh darah kapiler yag mengedarkannya ke seluruh tubuh.

3 3.      Brain : Otak
Otak berfungsi untuk ikan yang dapat menerima rangsangan dari lingkungan melalui organ perasa (sense organ).
Organ otak di bentuk pada saat ikan masih embrio sedangkan organ yang lain di bentuk kemudian bersamaan degan pembentukan organ-organ lainnya.
Otak pada ikan terlindungi di dalam tengkorak dan juga tulang rawan yang berada didalamnya, otak tersebut merupakan sistem saraf pada ikan yang pada gilirannya akan mengalir melalui tulang belakang (vertebrae) ikan.

4 4.       Spinal Cord : Sum-Sum Tulang Belakang
Sum-sum tulang belakang adalah saraf yang tipis yang merupakan perpanjangan dari sistem saraf pusat ke otak dan melengkung  serta dilindungi oleh tulang belakang. Sum-sum tulang belakang berfungsi sebagai trasmisi pemasukan rangsangan antara periferi dan otak serta berfungsi untuk mengontrol gerakan refleks.

5 5.      Vertebra : Tulang Punggung
Tulang punggung pada ikan berfungsinya Menopang dan membentuk tubuh ikan.

6 6.      Fin Ray Support : Sirip Pendukung
Sirip Pendukung berfungsi untuk membantu keseimbangan tubuh ikan saat berenang atau bergerak.

7 7.      First Dorsal Fin : Sirip Tunggal Pertama
 Sirip tunggal pertama berukuran panjang dan besar. Terletak diatas dan fungsi utamanya sebagai penyeimbang agar tubuh ikan tetap tegak.

8 8.      Myomere  (muscle segment) : Segmen Otot
Segmen otot berfungsinya untuk pergerakan tubuh,sirip-sirip,rongga mulut, dan organ-organ dalam dan tempat peredaran darah karena keaktifan otot.

9 9.      Swim Bladder : Gelembung Renang
Gelembung renang (vesica natatoria) atau yang biasa disebut dengan pneumatocyst adalah suatu organ pada ikan yang berupa kantong selaput berisi campuran gas dengan tekanan yang berubah-ubah. Gas yang terdapat pada gelembung renang biasanya adalah gas oksigen. Pneumatocyst terletak di bagian belakang (dorsal) tubuh ikan.
Gelembung renang berfungsi untuk mengatur tubuh ikan saat mengapung di dalam air karena dengan alat itu ikan dapat menyesuaikan volume tubuh dan berat jenisnya dengan kedalaman air yang direnanginya sehingga ikan dapat tetap mempertahankan posisinya tanpa harus berenang secara terus-menerus atau sebagai alat hidrostatik yang menentukan tekanan air sehubungan dengan kedalaman perairan yang di diami oleh ikan tersebut.. Gelembung renang dapat ditemukan pada hampir semua
jenis ikan.Gelembung renang juga berfungsi sebagai ruang untuk beresonansi dalam menghasilkan atau menerima suara. Beberapa spesies gelembung renangnya berisi minyak, bukan gas.Gelembung renang tidak ditemukan pada beberapa ikan bertulang yang berenang pada perairan laut dalam dan pada semua ikan bertulang rawan seperti . Selain fungsi yang telah disebutkan di atas, pada ikan paru-paru juga berfungsi sebagai alat pernapasan. Gelembung renang terletak pada bagian rongga tubuh ikan. Gelembung ikan dapat mengalami kerusakan atau kelainan yang umum dijumpai adalah luka dalam akibat berkelahi dan kelainan bentuk tubuh.

1 10.      Kidney (Opisthonephros)  : Ginjal
Ginjal teletak di atas rongga perut, di luar peritonium, di bawah tulang punggung dan aorta dorsalis, sebanyak satu pasang, berwarna merah, memanjang.
Fungsi ginjal untuk menyaring sisa-sisa proses metabolisme dan mengambil zat-zat yang diperlukan oleh tubuh diedarkan lagi melalui darah; dan untuk menjaga keseimbangan tekanan osmotik cairan tubuh.Selain itu ginjal juga berfungsi sebagai organ hemopoietic yang berperan dalam pembentukan darah pada ikan.
Ginjal pada ikan ada sepasang, terletak memanjang di bagian dorsal rongga tubuh ikan, di sebelah ventral dari vertebrae. Struktur ginjal ini lunak dan berwarna merah tua. Pada bagian depan ginjal biasanya terdapat alat untuk reproduksi

2 11.      Second Dorsal Fin : Sirip Punggung Kedua
Sirip Punggung Kedua berfungsinya: untuk menstabilkan tubuh ikan dan juga untuk membantu ikan memutarkan badan dengan cepat.

3 12.      Lateral Line : Gurat sisi
 Gurat sisi mempunyai fungsi sebagai organ penerima getaran suara untuk menganalisis tekanan hidrodinamik dan mendeteksi suara jarak jauh. Gurat sisi pada memiliki warna keputih-putihan yang memanjang dari kepala ke ekor.

4 13.      Caudal Fin : Sirip Ekor
sirip ikan yang berada di bagian posterior tubuh dan biasanya disebut sebagai ekor. Pada sebagian besar ikan, sirip ini berfungsi sebagai pendorong utama ketika berenang (maju) dan juga sebagai kemudi ketika bermanuver

5 14.      Anal Fin (Sirip Dubur), sirip yang berada dibagian ventral tubuh di daerah posterior anal. Fungsi sirip ini adalah membantu dalam stabilitas berenang ikan.
1 15.      Urinary Bladder : Kantung Kemih
Organ ini berbentuk datar dan oval dan berada di antara anus dan lubang ekskresi. Di belakang kantung kemih terdapat saluran kencing (uretra).
Kantung kemih berfungsi sebagai pengatur pengeluaran air berlebih untuk mempertahankan kadar garam yang di butuhkan tubuh.

2 16.      Urogenital Opening : Lubang urogenital
Lubang urogenital berfungsinya sebagai tempat bermuaranya saluran ginjal juga saluran kelamin yang ada di belakang anus, sebagai saluran untuk membuang urine.

3 17.      Anus : Dubur
 Anus merupakan ujung dari saluran pencernaan. Pada ikan bertulang sejati anus terletak di sebelah depan saluran genital. Pada ikan yang bentuk tubuhnya memanjang, anus terletak jauh dibelakang kepala bedekatan dengan pangkal ekor. Sedangkan ikan yang tubuhnya membundar, posisi anus terletak jauh di depan pangkal ekor mendekati sirip dada. Anus merupakan ujung dari saluran pencernaan. Pada ikan bertulang sejati anus terletak di sebelah depan saluran genital. Anus berfungsi untuk mengeluarkan sisa-sisa pencernaan.

4 18.      Ovary : Indung Telur
Indung Telur berfungsi sebagai tempat dihasilkannya sel ovum (sel telur).

5 19.      Intestine : Usus
Usus pada ikan relatif besar. Terdapat lipatan-lipatan yang berfungsi untuk memperluas penyerapan makanan kelenjar pencernaan terdiri dari hati dan pankreas.

6 20.      Stomach : Lambung
Lambung merupakan tempat penampungan makanan. Pada dindingnya terdapat kelenjar yang dapat menghasilkan enzim dan asam lambung dimana cairan ini membantu proses pencernaan. Bentuk anatomi lambung sangat bervariasi tergantung kepada kebiasaan makanan ikan tersebut.
Lambung ikan herbivora berbeda dengan lambung ikan carnivora. Ikan herbivora tidak mempunyai lambung yang sebenarnya, kalaupun ada maka merupakan lambung palsu yang merupakan penggelembungan usus bagian depan. Umumnya ikan carnivora mempunyai lambung yang berbentuk seperti tabung , sedangkan pada ikan omnivora berbentuk seperti kantung. Pada beberapa ikan tertentu lambung mengalami modifikasi. Pada ikan belanak (Liza sp.), lambung mengalami modifikasi menjadi gizzard yang berfungsi sebagai alat untuk menggiling makanan. Gizzard mempunyai dinding (lapisan otot) yang lebih tebal dibanding 

dengan dinding lambung biasa. Pada ikan cucut, usus mengalami modifikasi dimana pada bagian dalamnya membentuk spiral (spiral valve). Dengan adanya spiral valve ini, daerah penyerapan zat-zat makanan yang telah dicerna semakin luas.
Seluruh permukaan lambung ditutupi oleh sel mukus yang mengandung mukopolisakarida yang agak asam berfungsi sebagai pelindung dinding lambung dari kerja asam klorida.
Lambung merupakan tempat pengumpulan makanan sebelum dicernakan dengan sebenarnya dan memiliki fungsi sebagai:
a.          Menyimpan makanan dalam jumlah yang besar setelah selesai makan.
b.         Mengaduk makanan dengan sekresi (getah lambung)
c.          Pengosongan lambung dan memasukkan isinya ke dalam usus

1 21.      Spleen : Limpa
Limpa berfungsi untuk memproduksi sel getah bening dan menyimpan sel darah merah. Limpa terletak di dekat hati.

2 22.      Pelvic Fin : Sirip Perut
Sirip perut sirip berfungsi dalam membantu untuk menetapkan posisi ikan pada suatu kedalaman dan membantu menstabilkan ikan saat renang.. Sirip perut terletak di  bagian perut ikan.

3 23.      Pyloric Caeca : Usus Kecil dan Pendek
            Usus kecil dan pendek berfungsi sebagai pengatur pengeluaran makanan (chyme) dari lambung ke segmen usus terjadi pada saat penyempitan saluran pencernaan.

4 24.      Liver : Hati
Hati pada ikan bentuknya besar, berwarna merah kecoklat-coklatan, letaknya di bagian depan rongga badan dan meluas mengelilingi usus.
Hati berfungsi sebagai :
·      hati menghasilkan empedu yang disimpan dalam kantung empedu untuk membanfu proses pencernaan lemak.
·      Menghasilkan empedu. Empedu ini adalah salah satu enzim yang akan membantu dalam proses pencernaan makanan, terutama dalam memecah lemak. Empedu disimpan dalam suatu kantung, biasa disebut sebagai kantung empedu. Kantung empedu terletak di bagian depan hati. Kantung empedu ikan berwarna kehijau-hijauan dan mempunyai saluran yang menghubungkan kantung empedu dengan usus.
·      Membantu daya absorsi lemak di usus dan mengubah zat yang tidak dapat larut dalam air menjadi zat yang dapat larut dalam air.
·      Tempat metabolisme karbohidrat yang mencakupi sintesis, penguraian dan perubahan antar bentuk pada karbohidrat di dalam ikan.
·      Menghancuran sel darah pada ikan. Seperti halnya pada hati manusia juga mengganti sel darah merah yang telah rusak dengan sel darah yang baru.
·      Mempertahankan kimia darah yang sesuai pada tubuh ikan. Dalam darah ini yang terdiri dari eritrosit (sel darah merah), trombosit, hematrokit, leukosit (sel darah putih dan trombosit diatur keberadaan kimianya agar bisa bekerja dengan baik sesuai dengan perannya masing-masing.
·      Menawarkan dan menghilangkan racun. Hati berfungsi untuk membuang dan membersihkan racun atau limbah-limbah dalam tubuh ikan.
Jalan terjadinya sirkulasi darah dalam tubuh, yang terdiri dari oksigen dan nutrisi dicerna dikirim ke berbagai organ dalam tubuh melalui darah, selanjutnya darah mengangkut produk-produk limbah dari sel ke ginjal dan hati. Lha di sinilah hati berperan.
·         Berperan dalam mengatur kadar nitrogen dalam proses ekskresi.

1 25.      Ventricle : Ventrikel
Ventrikel adalah ruang berdinding tebal berotot, menerima darah hanya dari atrium saja dan memompakan darah melalui aorta ventral ke insang. Ruang ini dibentuk oleh dua lapisan otot yaitu lapisan otot luar disebut kortikal dan lapisan otot dalam disebut spongi. Bagian ini menerima darah dari atrium melalui atrioventricular. Ujung anterior dari ventrikel tumbuh memanjang dan berdinding tebal, di dalamnya terdapat suatu seri klep semilunar.

2 26.      Bulbus Arteriosus : Jantung
Jantung nama ruang pada teleost (rayfinned, ikan bertulang), struktur ini dikenal sebagai konus arteriosus pada elasmobranch (ikan dengan kerangka tulang rawan dan sisik placoid). Konus arteriosus memiliki banyak katup dan otot, sedangkan bulbus arteriosus tidak memiliki katup. Fungsi utama dari struktur ini adalah untuk mengurangi tekanan nadi yang dihasilkan oleh ventrikel, untuk menghindari kerusakan pada insang yang berdinding tipis.

3 27.      Afferent Branchial Artery : Pembuluh Darah Arteri
Pembuluh Darah Arteri berfungsi membawa CO2 keluar dari jantung menuju insang


 
 




Komentar

Posting Komentar

Postingan Populer