MICROSOFT POWERPOINT



MICROSOFT POWERPOINT


Micosoft PowerPoint, sebuah aplikasi software yang saya rasa sangat familiar kita dengar. Bahkan mungkin sebagian besar kita sudah menggunakan bahkan mengeal sangat jauh dengan aplikasi yang satu ini. Sebuah aplikasi yang penggunanya di mudahkan dalam hal seperti presentasi. Garis bawahi, ini hanya media perangkat lunak yang be r fungsi untuk memudahkan. Manusia tetaplah sebagai user  nya.
Microsoft power point berjalan di komputer dengan sistem operasi MS Windows dan Apple Macintosh. Microsoft Powepoint merupakan bagian dari paket aplikasi Microsoft Office sehingga bila kita sudah menginstal aplikasi Microsoft Office maka didalamnya sudah termasuk aplikasi Power Point. Dan perlu kalian ingat membuat powerpoint harus mempunyai IDE agar presentasi yang akan kalian paparkan menarik dan tidak membosankan para pendengar. Gunakanlah gambar-gambar yang menark pendengar. Jangan sekali-sekali terfokus pada bacaan yang pasti presentasi mu akan membuat para pnedengar mengantuk.

A.     CARA MENJALANKAN / MEMBUKA APLIKASI POWERPOINT
1.       Klik ikon PowerPoint di deskop awal . Atau anda dapat mengklik  Star kemudian pilih All Program
2.       Cari menu Microsoft Office. Kemudian  klik . Pilik Microsoft Office PowerPoint. Lembar kerja microsoft powerpoint akan segera terbuka.
3.       Akan muncul lembar kerja kosong (slide). Anda dapat memilih jenis slide sesuai dengan kebutuhan dengan cara menu Home kemudian Slides, New Slides.

B.      MENGENAL MENU BAR YANG TERDAPAT PADA POWERPOINT
1.       HOME
Pada menu HOME terdapat Clipboard , Slides , Font , Paragraph dan Drawing
2.       Insert
Pada menu Insert terdapat Tables, Images , Illustration ,Links , Text dan Symbol
3.       Design , berfungsi untuk mempercantik background pada slides
4.       Transtions, pada menu ini berfungsi membuat menarik pembukaan slide satu ke slide lainnya
Pada menu ini juga terdapat Timing yang dapat mengukur kecepatan pembukaan slide satu ke yang lainya dan apabila bisa menambahkan suara pada saat menampilkan slide
5.        Animation, berfungsi untuk mempercantik cara penampilan kata-kata maupun kalimat. Menu ini juga mempunyai Timing
6.       Slide Show, cara menampilkan slide. Di perbesaratau bahkan di perkecil hingga bisa membuat slide-slide dapat di lihat dalam satu layar.
7.       Review
Pada menu ini terdapat Proofing, Language, Comment, Compare dan OneNote
8.       View
Pada menu ini terdapat Presentation View atau cara menampilkan slide presentasi. Terdapat juga menu Master Views, Show, Zoom, Color/Grayscale, Window, dan Macros
9.       Nitro Pri 10
Pada menu ini terdapat Creation, PowerPoint Setting, dan General Settings.

C.      MENAMBAHKAN FILE SOUND (MUSIK) DAN VIDEO PADA SLIDE
Untuk menambahkan file Musik dan Video dapat dilakukan dengan cara sebagai berikut :
- Pilih menu Insert
- Pilih dan klik Media Clips, klik Sound jika kita akan menambahkan file musik, dan Movie jika akan menambahkan file Video.
- Cari file yang akan kita sisipkan lalu klik OK
- Selanjutnya powerpoint akan menampilkan pilihan untuk menjalankan file secara otomatis maka pilih Automatically dan When Click bila kita ingin menjalankan file ketika mouse kita klik.
- Kemudian masuk pada menu Option yang berada dibawah Sound Tolls. Pada menu ini kita dapat mengatur volume file pada Slide Show Volume, menyembunyikan file dengan Hide During Show, jika kita ingin menampilkan file berulang-ulang kita dapat memilih Loop Until Stopped, untuk memutar file kita dapat memilih Preview

Komentar

Postingan Populer