Serunya Prodi PETERNAKAN



MENGENAL LEBIH SERUNYA PROGRAM STUDY PETERNAKAN

            Jurusan peternakan mungkin masih di pandang sebelah mata oleh  sebagian masyarakat. Tapi siapa sangka bahwa prospek kerja anak peternakan (sering disebut di perkuliahan adalah ANAK KANDANG) sangat sangat menjanjikan. Karna bila di pikirkan secara logika. Peternak tidak akan sulit untuk memasarkan hewan-hewan ternaknya. Oops jangan pikir mahasiswa peternakan akan jadi orang yang beternak dengan baju kotor-kotor , bau kotoran ternak , pakan ternak atau sebagainya. Ingat mahasiswa peternakan berbeda. Kelak kita akan menjadi PETERNAK BERDASI. Karna selama masyarakat mengkonsumsi daging untuk kebutuhan sumber proteinnya. Peternakan tidak akan meredup. Bahkan sampai sekarang daging sapi atau lembu tidak pernah mengalami penurunan. Selalu naik atau dalam keadaan stabil. Ini membuktikan bahwa prospek kerja mahasiswa peternakan sangat menjanjikan.
            Jujur, dari jurusain ini saya banyak mengalami pengalaman y ang sangat luar biasa. Saya yang dulunya sangat takut terhadap ruminansia perlahan mulai mendekat. Karna mau tidak mau . Rumunansia tersebut pasti harus kita pegang yang berawal dengan niat hanya untuk mendapatkan nilai.
            Ohya, sebelumnya saya ingin memperkenalkan diri

Nama   : Rosna Sari
Asal     : Kisaran, Sumatera Utara
NIM    : 1605104010039
T.T.L   : Kisaran, 05 Januari 1997

            Sekarang saya sedang menempuh pendidikan S1 Peternakan di Unsyiah. Kalau di tanya kenapa milihnya Universitas jantung Aceh ini, UNSYIAH saya dengan yakin berkata saya pun tidak tau kenapa. Yang jelas saat pengisian SBMPTN hati bergerak ingin ke daerah yang kelak bisa  membuat saya  lebih baik lagi. Karna yang kita tau bahwa Provinsi Nanggroe Aceh Darussalam dijuluki dengan kota serambi mekkah. Dan kalau sekarang kalia tanya mengapa milih jurusan peternakan saya dengan lebih mantap berkata bahwa ini semua salah pilih. Saya salah pada saat meng-klik pemilihan jurusan. Ya salah pilih saat pendaftaran SBMPTN tersebut. Tapi percayalah apabila kalian nanya apakah saya menyesal. Saya tidak menyesal sama sekali. Karna semakin di jalanin jurusan ini sangat mempunyai tatangan yang sangat besar.
            Dari dulu saya tidak pernah berani memegang atau bahkan berdekatan dengan lembu, kambing, sapi atau bahkan sampai anak ayam sekalipun. Saya sangat takut. Tapi karna berawal dari gengsi dengan teman yang lain saya bisa berani memgang bahkan mengelus-elus mereka.
            Dan kalau kalian masih ingin bertanya apakah saya yakin ? Ya saya sangat yakin kelak saya tetap bertahan di jurusan ini. Dan rencana yang sangat panjang apabila Allah memberikan izin , saya sangat ingin melanjutkan S2 nya. Doain saja.
            Jurusan peternakan ini sangat seru. Bagimana tidak, bahkan kita harus mengerti hewan ternak tersebut agar meningkatkan produksi ternak.Mulai dari mencoba berbicara sampai mengerti mereka saat sakit,  terinfeksi bakteri,  lapar atau sebagainya. Bisa dibilang kita harus menjadi majikannya yang sangat peka.
Dan pengalaman yang sangat tidak saya lupakan adalah pada saat melakukan pratikum Zoologi.  Karna disini kita dituntut untuk hapal nama-nama latin luar dan dalam hewan-hewan ternak.  Dan disini agar cepat ingatya.  Setiap hari kegiatan kita harus dibarengin dengannamalatinnya.Contoh saat ingin bergerak dengan anggota kaki kita langsung mengingat bahasal atinnya (Femur=Paha,Crus=Betis,Pes=kaki).  Tapi percayalah ini sama sekali tidak membuat beban malah seru.  Seolah bermain dengan ingatan dan seperti teka-teki dengan mencara bahasa latin anggota tubuh apa yang digunakan.
            Dan kalau kalian siap dengan pindah ke Banda aceh (khususnya luar Aceh)  kalian harus bersiap dengan bahasa daerah sini.Karna khususnya saya yang orang sumut sangat asing dengan bahasa ini.  Tapi jujur bahasa mereka sangat unik.  Karna tidak sembarangan bisa untuk ditiru.  Dengan logat dan intonasi yang berbeda malah membuat arti yang berbeda.  Bahkan sampai sekarang saya belum bisa bahasanya masih terbawa dengan tanah batak dan melayu.
Dan.soal tempat rekreasiAceh tidak perlu diragukan lagi.  Pantai-pantai terbentang dimana-mana  Sangat indah.Cocok buat kita yangsudahlelah mengerjakan tugas langsung on the way pantai.
             Ohya sampai lupa.  Kali ini kita harus berbicara tentang prosepek kedepannya mahasiswa peternakan.  Jangan takut karna banyak alumni peternakan yang sudah sukses (khususnya alumni peternakan unsyiah).
            Berikut beberapa prospek kerja dari lulusan Ilmu Peternakan :
1. Perusahaan Peternakan
Banyak sekali jenis perusahaan peternakan, namun intinya sama yakni memproduksi hewan ternak yang akan siap untuk dipasarkan pada khalayak. Di perusahaan peternakan ini lulusan Ilmu Peternakan bisa mengisi posisi di Manajerial maupun Operasional.
2. Perusahaan Pakan Ternak
Selain di perusahan peternakannya, lulusan Ilmu Peternakan juga bisa bekerja di perusahaan yang memproduksi pakan ternak karena masih pada cakupan kompetensi yang dimiliki.
3. Perusahaan Obat Hewan
Selain Perusahaan Pakannya ternak, juga obatnya ternak. Perusahan Obat hewan ini sebagai salah satu pendorong industri peternakan.
4. Instansi Pemerintahan
Selain bekerja di perusahaan, tentu saja lulusan Ilmu Peternakan mempunyai kesempatan yang sama untuk berkarir di instansi pemerintahan. Instansi-instansi yang paling relevan adalah Kementrian Pertanian, Kementrian Perindustrian, dan Balai Penelitian.
5. Wirausahawan
Wirausahawan juga bisa menjadi opsi bagi lulusan Ilmu Peternakan, apalagi dengan semakin besarnya peluang bisnis di sektor peternakan. Tentu saja jika semakin banyak pengusaha di bidang ini, maka akan bisa di jamin bahwa industri peternakan akan semakin maju.
6. Tenaga Pengajar
Menjadi pengajar juga bisa menjadi opsi, apalagi bagi orang yang mempunyai passion berbagi ilmu. Pengajar ini bisa di SMK-SMK pertanian, atau bahkan menjadi dosen, namun tentu sja harus minimal s2 dulu jika ingin menjadi Dosen saat ini.
  

Komentar

Postingan Populer